Snorkeling Di Pulau Tidung

Pulau Tidung Terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Alam bawah laut nya mempunyai daya tarik tersendiri bagi pencinta snorkeling dan diving. Gugusan pulau yang terletak di sebelah utara Jakarta ini menjanjikan Snorkeling Di Pulau Tidung dengan pengalaman menakjubkan untuk menikmati kehidupan di bawah laut. Sejak 2002, Kementerian Kehutanan menetapkannya sebagai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS), yang menyimpan 130 jenis terumbu karang, 242 jenis karang, 141 jenis makrobentos, dan sejumlah spesies langka serta biota laut endemi, seperti kima raksasa, kima pasir, abalone kuda laut, lobster, ikan fishir, kelinci laut, penyu, dan udang mantis. Ini membuat TNKpS layak dinobatkan menjadi salah satu surga bawah laut di Indonesia, khususnya bagi pencinta snorkeling dan diving. Pasir putih dan air yang jernih merupakan pemandangan yang akan pengunjung nikmati. Suasana alami, asri dan tenang masih sangat terasa dan akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di tempat tersebut.

Pulau Tidung yang memiliki pesona luar biasa ini membentang di tengah lautan. Berbagai spot menarik bisa anda temukan di Pulau Tidung, seperti Hutan Mangrove, Pohon Kelapa juga mendominasi Pulau Tidung serta memiliki pemandangan pantai yang cukup eksotis dengan riak ombak yang akan menghilangkan kepenatan anda. Anda bisa mandi atau berenang di pantai ini atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah airnya atau berjemur di pesisir pantai atau menyusuri garis pantai di Pulau Tidung.
Pulau Tidung merupakan salah satu lokasi dari beberapa tempat menyelam terbaik yang ada di Indonesia. Tempat ini merupakan lokasi penyelaman yang sudah sangat di kenal dan memiliki reputasi nasional, dan lebih baik dari beberapa tempat penyelaman yang ada di Indonesia lainnya. Pulau Tidung merupakan gugusan pulau kecil yang berada di tengah laut di sekitarnya adalah karang yang beraneka warna. dan hampir di sekeliling lokasi bisa dilakukan penyelaman untuk diving dan snorkeling. Pulau Tidung seperti Atol (sebuah pulau yang dilingkari karang), dimana tempat tersebut terdapat beragam spesies ikan dan kehidupan laut lainnnya yang hidup secara bebas.
Snorkeling atau yang juga disebut menyelam dipermukaan, adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Banyak tempat pilihan yang bisa di kunjungi untuk melakukan kegiatan Snorkeling dan diving di Pulau Tidung ini masih menjadi tempat favorit para wisatawan baik domestik dan mancanegara untuk tempat berlibur. karena memiliki pemandangan yang sangat indah di bawah laut dengan hiasan ikan berbagai warna dari soft coral, airnya jernih dan tenang. daya tarik lainnya yaitu banyak biota dan spesies laut seperti, ikan zebra, ikan badut, ikan pari dll.
snorkling (3)
Tips untuk Snorkeling di Pulau Tidung
Agar snorkeling bisa nyaman dalam menyelam, berikut persiapan yang harus di lakukan:

1. Kenakan masker dengan pas
Masker adalah pelindung mata yang harus digunakan ketika snorkeling. Masker yang pas akan mengurangi tingkat kebocoran, untuk mengetahui masker tidak bocor, tempelkan masker ke wajah tanpa mengikat talinya ke kepala dan tahan napas. Bila tidak copot, maka dapat dipastikan masker tidak bocor ketika dipakai menyelam.

2. Cegah masker dari embun
Hal yang paling umum terjadi ketika menyelam adalah fogging atau masker yang berembun. Anda bisa mengoleskan pasta gigi atau shampo bayi ke kaca bagian dalam masker untuk mencegah fogging. Biarkan pasta gigi atau shampo bayi menempel pada masker dan bilas dengan air laut sesaat sebelum digunakan untuk menyelam.

3. Pilih fin yang pas dengan ukuran kaki
Fin atau sepatu katak adalah salah satu perlengkapan penting saat snorkeling untuk membantu pergerakan kaki. Fin yang tidak sesuai dengan ukuran kaki tentu sangat mengganggu ketika berenang.

4. Latihan bernafas dengan snorkel
Snorkel adalah pipa yang khusus digunakan untuk bernafas ketika bersnorkeling. Perlu cara khusus untuk menggunakannya. Agar pernafasan terasa nyaman, sebelumnya coba berlatih menggunakan snorkel sekitar 5 sampai 10 menit.

5. wet suit
Anda bisa menggunakan wet suit yang biasa disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan legging dan kaos lengan panjang. Ada baiknya Anda menggunakan kaos berwarna cerah, agar mudah dikenali kawan.

6. Gunakan sunblock
Saat snorkeling, biasanya kita terlena melihat keindahan laut, tanpa di sadari kalau kulit sudah terbakar matahari. Untuk mencegah itu semua, gunakan sunblock yang memiliki SPF tinggi ke seluruh tubuh.

7. Gunakan pelampung
Tidak perlu khawatir untuk Anda yang tidak bisa berenang. Biasanya alat pelampung disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Pelampung sangat berguna untuk keselamatan di laut lepas. Jadi, pastikan selalu mengenakannya.

8. Jangan terlalu jauh dari teman